Obat Wereng Pada Padi Yang Paling Ampuh dan Aman Buat Manusia

Obat Wereng Pada Padi Yang Paling Ampuh dan Aman Buat Manusia
Wereng Batang Coklat atau biasa disebut WBC adalah salah satu hama utama pada budidaya tanaman padi, selain Hama Sundep atau Penggerek Batang. Dalam beberapa tahun terakhir Hama Wereng Batang Coklat menjadi momok bagi petani padi di Indonesia yang dapat mengakibatkan gagal panen secara total.

Bermacam macam upaya dilakukan para petani untuk memberantas Hama Wereng, mulai dari penggunaan racun kontak maupun sistemik dari yang murah hingga yang mahal. Semua itu pun belum mampu mengendalikan Hama Wereng Batang Coklat secara tuntas bahkan cenderung bertambah parah karena sifat kebal yang terjadi pada hama wereng tersebut karena pemakaian pestisida yang tidak terkontrol.

Sebenarnya ada cara paling ampuh untuk mengendalikan Wereng Batang Coklat yaitu dengan melakukan pengamatan secara rutin oleh para petani dan mengenal siklus hidup dari Wereng Batang Coklat tersebut.

Seperti telah kita ketahui bahwa Wereng Batang Coklat merupakan hama yang menyerang tanam padi dengan cara menghisap cairan tanaman. Memiliki umur yang pendek berkisar antara 18-28 hari dari mulai telur hingga dewasa. Wereng dewasa ada yang memiliki sayap (makroptera) dan ada tidak bersayap (brakiptera).
Wereng Batang Coklat senang tinggal pada pangkal batang padi. Hal ini disebabkan hama ini menyukai kondisi lingkungan yang lembab sehingga sangat cocok untuk wereng berkembangbiak. Hama WBC berkembangbiak dengan cara bertelur yang di suntikan di dalam pelepah batang padi. Hal ini lah yang menyebabkan kesulitan para petani dalam pengendalian.

Setelah sekilas kita kenali siklus hidup hama ini maka cara paling ampuh mengendalikan Wereng Batang Coklat adalah dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Lakukan pola tanam terpadu Padi - Palawija - Padi, untuk memutus siklus Hama Wereng Batang Coklat dan menjaga kesuburan tanah. 
  2. Gunakan varietas yang telah direkomendasikan oleh para peneliti atau penyuluh pertanian yang memiliki ketahanan terhadap serangan Hama Wereng Batang Coklat ini. 
  3. Lakukan penanaman padi dengan sistem tanam Jajar Legowo 2:1 yang benar, selain untuk meningkatkan populasi tanaman dan memudahkan dalam perawatan tanaman padi, sistem tanam ini juga dimaksudkan agar sirkulasi udara menjadi lancar guna mengurangi kelembaban yang amat di sukai oleh hama WBC ini. 
  4. Jaga keseimbangan antara populasi Hama Wereng Batang Coklat dengan predator alami wereng (musuh alami) seperti Laba-Laba, Capung Jarum, Kepik Permukaan Air, Ramping Manis dan sebagainya dengan menerapkan penggunan pestisida secara bijaksana. 
  5. Cara paling ampuh mengendalikan Wereng Batang Coklat terakhir adalah dengan menggunkan agensia hayati seperti Beauveria bassiana, Metarhizium, Verticillium atau menggunakan pestisida yang sesuai anjuran dengan bahan aktif berupa Buprofezin, Dimehipo, atau lainya yang sesuai dengan yang terpenting jangan menggunakan pestisida dari golongan Peritroid denga ciri ada kata "trin" pada akhir namanya seperti Deltametrin, Sipermetrin, Alfasipernetrin dan sebagainya disebabkan akan membunuh musuh alami dari Wereng yang dapat mengakibatkan terjadi ledakan populasi wereng batang coklat.

Demikian sekilas tantang cara paling ampuh mengendalikan Wereng Batang Coklat, semoga bermanfaat dan segera konsultasikan kepada para penyuluh diwilayah kita bila ada serangan atau populasi hama WBC..Salam sukses selalu untuk petani.

Beauveria Bassiana Agensia Hayati Pengendali Hama Wereng

 

Tidak ada komentar untuk "Obat Wereng Pada Padi Yang Paling Ampuh dan Aman Buat Manusia"