Cara Mengatasi Hama Wereng Dengan Ramuan Dari Daun Sirsak

SeputarPadi - Serangan hama penyakit pada tanaman padi selalu saja menjadi hal menjengkelkan bagi para petani. Salah satu hama yang sering menjadi musuh dan paling dibenci petani ialah hama wereng. Hama wereng pada tanaman padi merupakan hama yang sering menyerang tanaman dan sampai saat ini masih menjadi musuh utama petani. 

Cara Mengatasi Hama Wereng Dengan Ramuan Dari Daun Sirsak

Wereng merupakan sebutan umum untuk serangga pengisap cairan tumbuhan yang memiliki ukuran tubuh kecil yang biasanya menyerang tanaman padi   . Selain sebagai pemakan langsung, wereng juga menjadi vektor bagi penularan sejumlah penyakit tumbuhan dari kelompok virus.

Wereng memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi terhadap kondisi lingkungannya. Bahkan, suatu jenis wereng mampu menghasilkan keturunan yang tahan terhadap kondisi tertentu.

Penggunaan satu jenis varietas secara terus-menerus bisa menjadi salah satu faktor penyebab ledakan hama wereng. Untuk itu, pergiliran tanaman dan varietas perlu dilakukan untuk memutus rantai hidup wereng. Selain itu, penjarangan pada jarak tanam juga mampu mengurangi serangan hama tersebut.

Namun, jangan khawatir, sekarang anda bisa mengatasi hama wereng dengan pestisida alami yang bisa anda buat sendiri.

Kenapa harus alami..?

Karena ekosistem sekarang sudah banyak yang rusak karena pemakaian pestisida yang tidak bijaksana oleh para petani. Banyak sekali musuh alami hama padi yang ikut mati ketika melakukan penyemprotan pestisida. Padahal musuh alami merupakan penyeimbang ekositem yang sangat diperlukan untuk membantu petani mengatasi hama tanaman padi.

Musuh alami bagi hama penyakit merupakan hal terpenting dalam siklus rantai makanan, musuh alami ini sangat dibutuhkan dalam dunia pertanian khususnya budidaya tanaman padi yaitu untuk mengendalikan jumlah populasi suatu hama yang berkembang di lahan pertanian.
Ada beberapa musuh alami untuk hama wereng yang sekarang mulai jarang ditemukan dilahan pertanian padi. Musuh alami tersebut antara lain :

1. Laba-laba (Lycosa)
2. Tomcat (Paederus)
3. Kumbang koksi/Kukuyaan (Coccinellidae)
4. Capung Jarum (Schnura heterosticta)

Coba perhatikan sekitar lahan pertanian anda sekarang. Apakah masih banyak hewan hewan diatas yang tinggal dilahan pertanian anda..?

Dalam melakukan kegiatan pertanian keseimbangan ekosistem dan rantai makanan harus terjaga. Keberadaan predator alami wereng seperti laba-laba, kumbang, kepik permukaan air, dan belalang bertanduk panjang mampu mengendalikan populasi hama. Untuk itu, kita perlu menjaga tempat hidup para predator tersebut yang biasanya berada dalam semak dan beberapa tanaman gulma.

Jika pengendalian kultur teknis serta pengendalian secara biologi tersebut tidak mampu mengatasi serangan hama, kita bisa melakukan pengendalian secara mekanis, yaitu dengan menggunakan perangkap lampu di malam hari. Alternatif terakhir ketika serangan hama sudah melebihi ambang batas ekonomi adalah dengan melakukan pengendalian menggunakan pestisida alami.

Pestisida alami bersifat mengurangi serangan hama, bukan untuk membunuh hama.

Oleh karenanya, penggunaan pestisida alami tidak akan mematikan predator alami dari hama tersebut. Cara kerjanya adalah mengusir hama dengan bau tertentu ataupun dengan menghilangkan nafsu makan hama.

Untuk mencegah hama wereng menyerang lahan pertanian anda, buatlah pestisida alamai dengan bahan yang bisa anda dapatkan dengan mudah.

Bahan bahan tersebut antara lain:

  1. Biji mahoni
  2. Biji atau daun sirsak. Di dalam bahan ini terdapat repellent (penolak serangga) dan antifeedant (penghambat nafsu makan).

Daun sirsak untuk membut pestisida organik untuk wereng

Bahan Pembuatan Pestisida Organik Untuk Hama Wereng

Untuk membuat pestisida alami yang terbuat dari daun sirsak, bahan bahan yang diperlukan adalah:

  1. Daun sirsak sebanyak 1 genggam
  2. Rimpang jeringau sebanyak 1 genggam
  3. Bawang putih 20 siung
  4. Sabun colek 20 gram
  5. Air sebanyak 20 liter.

Bahan Pembuatan Pestisida Organik Untuk Hama Wereng

  1. Daun sirsak, rimpang jeringau, dan bawang putih ditumbuk sampai halus
  2. Setelah halus,campur dengan sabun colek.
  3. Campuran tersebut kemudian direndam dalam air 20 liter selama dua hari.
  4. Larutan selanjutnya disaring dengan kain halus dan siap diaplikasikan.

Cara pemakaian pestisida ini adalah dengan menambahkan setiap 1 liter air saringan pestisida organik tadi kedalam 15 liter air bersih, kemudian disemprotkan merata ke bagian bawah tanaman padi. 

Semoga informasi Cara Mengatasi Hama Wereng Dengan Ramuan Dari Daun Sirsak bisa membantu anda untuk mengatasi serangan hama wereng pada padi anda.

Selamat mencaoba..

Tidak ada komentar untuk "Cara Mengatasi Hama Wereng Dengan Ramuan Dari Daun Sirsak"