Pupuk Organik Cair Untuk Tanaman Padi


 

SeputarBudidayaPadi - Berbagai macam cara akan dilakukan untuk meningkatkan hasil panen padi. Salah satu faktor paling penting supaya hasil penen meningkat adalah dengan pemupukan yang baik dan benar. Selain pemupukan lahan, penyemprotan pupuk organik cair juga sangat diperlukan untuk membantu memberikan nutrisi yang bisa langsung diserap oleh tanaman.

Kenapa harus dibantu dengan penyemprotan Pupuk Organik Cair untuk budidaya tanaman padi..?

Karena kandungan dalam POC lebih bagus dan lebih lengkap yang yang paling penting adalah langsung bisa diserap oleh tanaman melalui mulut daun. POC biasanya mengandung unsur hara mikro dan zat pengatur tumbuh lebih lengkap.

Banyak sekali merk pupuk organik cair yang beredar dipasaran dengan kualitas yang bermacam macam juga. Disini para petani harus benar benar bisa memilih kualitas dari POC yang dijual jika tidak menyesal kemudian.

 Cara Membuat Pupuk Organik Cair Untuk Padi

Saat ini banyak beredar merk merk pupuk organik cair yang ada dipasaran. Dari yang harganya puluhan sampai ratusan ribu per liter. Disinilah diperlukan ketelitian para petani untuk memilih mana pupukm organik yang bagus dan mana yang tidak.
Untuk merk pupuk yang kami rekomendasikan adalah produk organik dari PT. Natural Nusantara atau yang dikenal dengan merk NASA. Dengan pengalaman lebih dari 17 tahun bermain di AGROKOMPLEKS menjadikan produk produk NASA sudah teruji sedemikian lamanya dan sudah digunakan di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Banyak sekali produk pupuk organik dari NASA yang sudah dikenal para petani Indonesia karena NASA sudah mulai masuk ke industri pertanian, perikanan dan peternakan mulai tahun 2002.
 
Kembali ke topik diawal ya...

Banyak juga petani yang berusaha mencari cara sendiri untuk membuat pupuk organik cair. Salah satu cara membuat pupuk organik cair adalah dengan mencampur bahan bahan limbah dan diolah sedemikain ruma dengan menggunakan bakteri EM4 untuk membantu pengomposan untuk dijadikan pupuk organik cair.

Tapi disini saya tidak membahas cara membuat pupuk organik cair yang rumit seperti itu karena hasil akan berbeda beda tergantung bahan bahan dan cara pembuatannya. Silahkan anda buka Youtube dan cari "cara membuat poc yang bagus" maka akan banyak sekali panduan membuat POC yang bisa anda dapatkan.

Ada juga petani yang berpikir praktis dengan langsung membeli pupuk organik cair yang sudah jadi. Memang kalau dibandingkan dengan membuat sendiri agak sedikit mahal jika kita membeli POC tetapi jika melihat kepraktisannya maka banyak petani yang memilih memakai pupuk organik cair yang langsung pakai.

Pada artikel kali ini, saya akan memberikan informasi kepada anda Cara Membuat POC Yang Praktis dan Anti Ribet tetapi Tetap Berkualitas dan kualitasnya bisa sejajar dengan POC merk terkenal.
Siapa saja bisa membuat POC berkualitas seperti yang akan saya sampaikan ini.

Bahan bahan yang diperlukan untuk membuat POC adalah:

  1. Ember/botol/jerigen untuk menampung POC 
  2. Biang POC 
  3. Air bersih 
  4. Pengaduk.

Disini saya menggunakan Biang Pupuk Organik Cair Merk BIANG SUBUR ALAMI atau BSA produksi dari PT. Natural Nusantara.

Jika anda ada merk lain, silahkan gunakan produk yang ada. Untuk harga dipasaran adalah 150 rb per kotak isi 150gr.

Setelah semua bahan dan alat sudah lengkap, silahkan ikuti langkah langkah membuat POC dibawah ini:

  1. Siapkan air bersih sebanyak 3 liter kedalam ember
  2. Masukkan Biang Pupuk Organik Cair BSA ke dalam ember yang sudah berisi air bersih tadi
  3. Aduk merata dan tahap pertama pembuatan POC sudah selesai.
  4. Diamkan selama 1 minggu dan Larutan LIPOC BSA ini sudah bisa digunakan

Larutan yang sudah jadi ini kita namakan LIPOC BSA atau singkatan dari Larutan Induk Pupuk Organik Cair Biang Subur Alami.

Biang Subur Alami -  Biangnya Pupuk Organik Cair NASA
Untuk mendapatkan hasil lebih bagus lagi, anda bisa tambahkan Hormon Organik merk Hormonik dalam larutan tersebut sebanyak 100cc. Fungsi dari Hormonik adalah untuk menambah zat pengatur tumbuh Auksin, Giberelin dan Sitokinin yang sangat berperan penting untuk pertumbuhan tanaman. 

Setelah satu minggu didiamkan, larutan Biang POC ini sudah bisa digunakan dengan dosis pemakaian 2-5cc larutan LIPOC per liter air. Untuk 1 tangki 17 liter membutuhkan sebesar 15cc LIPOC atau kira kira sekitar setengah gelas belimbing kebutuhannya.

Untuk satu hektar lahan padi membutuhkan kurang lebih 2 bungkus Biang Subur Alami atau 6 liter LIPOC BSA ini.
Kandungan dalam POC yang kita buat ini antara lain:

  1. N + P2O5 + K2O 4.79% 
  2. C Organik 46.07% 
  3. C/N 22.66 
  4. Kadar Air 17.23% 
  5. pH 8.06

Biang Subur Alami -  Biangnya Pupuk Organik Cair NASA

Dengan pemakaian pupuk organik cair pada padi serta pemberian pupuk majemuk yang berimbang, maka hasil panen padi anda akan lebih meningkat dan hasil panen lebih banyak.

Salah satu keunggulan penggunaan pupuk cair NASA ini adalah anda bisa mengurangi penggunaan pupuk kimia sampai dengan 50% bahkan jika anda memakai produk dari NASA seperti SPRNASA atau Granule Organindo, maka penggunaan pupuk kimia bisa dikurangi sampai 75% tetapi hasil panen tetap meningkat. Ini salah satunya karena produk pupuk organik NASA bisa membantu memperbaiki kualitas lahan pertanian anda sehingga kualitas hasil penen juga meningkat.

Deminikanlah informasi tentang Pupuk Organik Cair Untuk Tanaman Padi, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Jika ada yang masih bingung, bisa tanyakan ke saya melalui tombol WA dibawah ini dan akan terhubung langsung ke WA pribadi saya.

Selamat mencoba..


Pesan Sekarang